Home - BERITA - LOWONGAN KERJA - TIPS KARIR - Ebook GRATIS - SITEMAP

Kebiasaan Yang Membuatmu Tidak Produktif dan Cara Mengatasinya

Tips Karir - Kali ini kita akan ngebahas soal kebiasaan yang membuat kita menjadi tidak produktif. Sudah bukan rahasia lagi kalau orang ingin bangun pagi baik itu untuk berangkat kerja maupun sekolah kebanyakan menggunakan bantuan alarm untuk membangunkan diri sendiri agar bisa bangun pagi atau tepat waktu.
Namun di balik kebiasaan memasang alarm untuk bangun tidur tepat waktu nyatanya sering di barengi dengan sebuah kebiasaan buruk. Pasti diantara sobat ada dong yang kebiasaan menambah tidur sedikit-sedikit lalu justru malah bangun kesiangan?. Nah kejadian ini biasanya dikarekan kebiasaan buruk menekan tombol snooze.

Kebiasaan Yang Membuatmu Tidak Produktif dan Cara Mengatasinya

Kebiasaan menekan tombol snooze merupakan salah satu penghambat produktivitas. Hal ini karena bukannya malah membuatmu makin berenergi tapi justru yang terjadi sebaliknya, anda akan malas untuk bangun dan beraktivitas. Jika hal ini terus - terusan anda biarkan dan terus menuruti rasa kantuk anda maka akan terpatri dan menjadi kebiasaan buruk yang efeknya buruk terhadap produktivitas sobat.

Pada kondisi normal, orang membutuhkan tidur secara penuh (lelap) selama 90 - 110 menit setiap harinya. Lalu jika sobat sudah bangun kemudian berusaha untuk tidur lagi dengan intensitas waktu pendek sekitar 30 menit atau kurang, yang terjadi adalah tubuhmu akan berusaha untuk tidur kembali namun kemudian otakmu akan kembali dikagetkan oleh bunyi alarm yang sebelumnya sobat snooze tadi. Hal ini dapat berefek buruk yang akan membuat fungsi kognitif dalam otak sobat menjadi kebingungan.

Efek ini dapat berlangsung hingga 4 jam setelah kamu bangun. Ketika kamu susah konsentrasi, tentu kamu akan lebih susah untuk bekerja dan mengingat hal-hal penting. Parahnya lagi, kamu juga akan jadi lebih mudah emosi. Bukankah hal ini sangat mengganggu? apapalgi berurusan dengan masalah pekerjaan. Belum lagi kalau kamu jadi serba terburu-buru dan tergesa - gesa saat menyiapkan sesuatu. Tentu saja hal ini bukan awal yang baik jika kamu ingin hari yang sobat jalani berjalan produktif.

Lalu bagaimana sih solusinya?

Solusinya mudah tetapi butuh usaha besar dalam mengubah kebiasaan buruk yang sebelumnya menunda - nunda untuk langsung bangun dan beranjak dari tempat tidur. Untuk aksinya kamu atur alarmmu di jam yang tepat, kemudian biasakan segera bangun dan jangan di tunda apalagi memencet tombol snooze kemudian tidur lagi.

Cara lainnya adalah sobat bisa tidur lebih awal dari kebiasaan seblumnya. Karena, jika tidurmu cukup maka secara otomatis tubuhmu sebenarnya akan bangun tanpa perlu alarm lagi.

Lalu cara untuk mempunyai waktu tidur yang cukup sendiri kembali lagi pada pribadi sobat dalam mengatur prioritas agar penggunaan waktumu maksimal.

6 Responses to "Kebiasaan Yang Membuatmu Tidak Produktif dan Cara Mengatasinya"

  1. Membiasakan bangun lebih awal adalah cara untuk memulai aktivitas agar banyak yang bisa diperbuat di hari ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, memang sepertinya membiasakan tidur lebih awal adalah cara paling efektif mengatasi masalah tersebut karena problem utamanya tubuh kita butuh waktu istrahat yg ideal :)

      Delete
  2. Iya juga sih... mudah2an bisa tidur lebih awal.
    Makasih remindernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama bang dul. Soalnya problem ini spertinya hampir di alami setiap orang yang suka begadang deh yah 😁

      Delete
  3. Bener banget nih, kalau tdur lbh awal tanpa alarm bsa otomatis bangun sendiri. Hikss tp masih susah krna aku tdurnya sangat telat dan harus bangun sangat pagi. Tp kudu mulai dibiasain dan dipaksa tdur lebih awal ini. Tfs yaak. .

    ReplyDelete