Home - BERITA - LOWONGAN KERJA - TIPS KARIR - Ebook GRATIS - SITEMAP

Anda Mahasiswa Ingin Bekerja Sambil Kuliah Tapi Takut Mengganggu Pendidikan? Begini Caranya

Biaya menempuh pendidikan di perguruan tinggi kian hari kian mahal, apalagi saat pemberlakuan perubahan perguruan tinggi menjadi sebuah badan hukum hingga pemberlakuan uang kuliah tunggal (UKT). Selain biaya pendidikan, biaya hidup dalam menempuh pendidikan pun nyatanya tidak kalah mahal mulai dari makan hingga untuk kos atau tempat tinggal apabila jauh dari daerah domisili. Semua itu tidak terlalu berasa untuk kalangan atas, namun untuk kalangan menengah kebawah hal ini tentu cukup membebani.

Bersyukur ada beberapa program beasiswa mulai Bidikmisi, PPA maupun BBM serta masih banyak lagi yang lainnya, tetapi tentu tidak semua mendapatkan itu yang jumlahnya lun tidak sesikit. Ketika anda berada di golongan itu (menengah ke bawah tetapi tidak dapat beasiswa) maka konsekuensinya adalah anda harus benar - benar mensiasati kebutuhan dan juga pengeluaran. Pilihan lainnya adalah kuliah sambil bekerja.
Anda Mahasiswa Ingin Bekerja Sambil Kuliah Tapi Takut Mengganggu Pendidikan? Begini Caranya

Namun, beberapa orang tua tidak mau kalau anaknya harus kuliah sambil bekerja dengan alasan kalau pendidikan sudah kewajiban orang tua serta dapat mengganggu pendidikan. Lalu bagaimana  cara agar mahasiswa dapat bekerja tanpa menggangggu kuliah (pendidikan)?.

Hal mendasar kenapa anda ingin bekerja sambil kuliah adalah tujuannya itu sendiri dimana rata - rata untuk mendapatkan uang tambahan bukan?, sehingga yang perlu anda pikirkan adalah bagaimana cara menghasilkan uang tanpa mengganggu perkuliahan ini saran dari kami:

1. Kerja Parttime
Untuk solusi pertama ini adalah yang paling banyak orang ambil, meski dibilang waktunya fleksibel bisa mengikuti jadwal perkuliahan namun sebenarnya tidak 100% hal ini tidak mengganggu perkuliahan anda. Jika kamu ambil solusi ini anda harus benar - benar pintar mengatur waktu.

2. Jadi Kontributor
Bagi kalian seorang mahasiswa yang tertarik akan dunia litterasi ataupun photo and video graphy bisa menjadi seorang kontributor. Untuk yang satu ini sangat cocok bagi kalian para mahasiswa, karena selain waktunya yang fleksibel juga bisa menjadi ajang mengasah kemapuan anda. Misal kamu jago atau suka dunia photography bisa jual hasil jepretan kebanggaanmu di website online semacam istockphoto, flick ataupun yang lainnya.

Lain lagi jika anda suka di dunia litterasi, anda bisa jadi kontributor lepas majalah atau koran taupun media online yang saat ini sedang mengalami kemajuan pesat. Salah satu yang saya tahu membayar dalam jumlah yang cukup besar adalah Jalantikus dan juga babe (baca berita), kalau tidak salah anda akan dibayar 50rb per/artikel yang berhasil terbit. Contoh kisah suksesnya adalah seorang mahasiswa bernama akun facebook Vabyo yang berhasil meraup jutaan rupiah perbulan bahkan perminggu hanya dengan menukis artikel di babe. Jika kalian tertarik yang ini bisa klik link ini: https://nulis.babe.news/?ajak=BE96E9

3. Jadi blogger, youtuber atau android developer
Untuk yang satu ini bisa di bilang adalah cara menghasilkan uang dari google adsense, karena kesemua produknya terkait dengan produk google yaitu google adsense. Mulai dari blogger,  dengan blogger kalian bisa menghasilkan uang mulai dari sponsor hingga iklan google adsense dimana kalian cukup membuat sebuah blog lalu tulis artikel yang menarik sebanyak-banyaknya lalu datangkan pengunjung ke blog mu. Selanjutnya tinggal daftakan ke google adsense dengan syarat blog tersebut tidak melnggar terms of service dari google adsense. Selain dengan google adsen ada banyak cara untuk menghasilkan uang lewat blog bisa di cari di google. Menjadi youtuber sama halnya dengan blogger, bedanya adalah content di youtube adalah sebuah video.

Sebagai motivasi saja ada orang berpenghasilan milliaran dari hanya dalam sebulan. Yang ketiga juga sama, bedanya kalian harus membuat aplikasi android untuk kemudian di pasang iklan google adsense. Sayangnya untuk yang ke-3 ini cukup rumit untuk seorang pemula karena harus memiliki dasar atau harus belajar tentang coding dahulu.

4. Menawarkan Jasa
Seperti halnya gojek yang sukses dari pelayanan jasa transportasi yang kemudian meraih sukses, kalian juga bisa melakukannya. Bukan berarti harus seperti gojek karena banyak hal yang bisa anda explore mulai ojek atau jasa delivery  seperti gojek mauapun bisa jasa penginstallan dan perbaikan komputer dan lain - lain dari hal yang anda kuasa.

5. Jualan
Yang terakhir kalian bisa jualan apapun barang - barang yang di butuhin orang sekitar kita, bisa jualan hijab, accesories hand-made maupun yang lainnya.

Prinsip dari kesemuanya itu adalah selama halal ledapa tidak? Mungkin seperti itulah sharing kali ini semoga bermanfaat jika ada yang perku di diskusikan silahkan tulis di kolom komentar.

0 Response to "Anda Mahasiswa Ingin Bekerja Sambil Kuliah Tapi Takut Mengganggu Pendidikan? Begini Caranya"