Home - BERITA - LOWONGAN KERJA - TIPS KARIR - Ebook GRATIS - SITEMAP

4 Tips Menangkal Penipuan Info Lowongan Kerja

Lokerind.com - Hi sobat semua, salam sejahtera buat kita semua dan semoga selalu di bawah lindungan Allah Swt. Banyaknya JobSeeker yang mencari lowongan pekerjaan membuat ada sedikit orang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan info loker sebagai jalan untuk menipu para jobseeker. Sudah banyak kasus penipuan lowongan kerja mengatasnamakan perusahaan-perusahaan ternama, salah satu yang admin tau sendiri adalah penipuan lowongan kerja PT. Pupuk Sriwijaya (PUSRI) yang bahkan di publish di laman lowongan kerja di salah satu Universitas Negeri ternama. Akibat hal ini banyak yang di rugikan baik dari segi waktu sampai materiil dengan jumlah yang mencapai jutaan rupiah.

Berdasarkan kejadian-kejadian tersebut Lokerind.com yang menyajikan info lowongan kerja terpercaya dan sudah melalui kroscek ingin membagikan sedikit tips mengetahui mana info lowongan kerja yang bodong dan yang asli.

Berikut adalah 4 Tips Menangkal Penipuan Info Lowongan Kerja

1. Cek Alamat Email dan Domain Website Resmi Perusahaan.

Tips menghindari penipuan lowongan kerja yang pertama ini cukup efektif jika info loker berasal dari perusahaan besar. Misalanya ada info lowongan kerja PT. KAI 2017, maka kalian dapat memperhatikan biasanya mereka mencantumkan alamat email dan website perusaah. Jika alamat email itu mencurigakan misal rekrut.kai@gmail.com dengan website penerimaan-kai(.)com sementara website rekrut kereta api yang sebenarnya adalah rekrut.kereta-api.co.id maka jelas lowongan tersebut adalah fiktif.

Kasus lain yang juga sering terjadi di lapangan adalah ada info broadcast atau lewat medsos maupun blog, namun ketika di kroscek ke website resmi perusahaan yang bersangkutan tidak ada info sama sekali maka kemungkinan lowongan kerja ini juga fiktif. Kelemahan dari cara ini adalah jika perusahaan yang melakukan rekrutmen pegawai baru adalah perusahaan kecil / perusahaan yang tidak memiliki website dan menggunakan email gratisan bahkan hanya memanfaatkan no. Telp saja, maka cara bisa di aplikasikan sebagai mana di tips no. 4

2. Periksa dan Lakukan Konfirmasi ke Nomor Perusahan.

Cara kedua ini juga dapat dilakukan untuk meyakinkan bahwa lowongan tersebut benar adanya / bukan fiktif belaka, namun kekurangannya jika pelaku penipuan lowongan kerja tersebut sudah cukup lihai dan menggunakan nomor miliknya kemudian mengkonfirmasi dengan berbohon bahwa lowongan tersebut adalah benar.

3. Hati-hati jika Ada Pungutan Biaya.

Logikanya anda adalah seorang jobseeker yang sedang mencari lowongan pekerjaan, masa belum apa-apa sudah di tarik uang?. Modus semacam ini nyatanya memang banyak beredar, yang paling sering adalah menjanjikan di terima masuk CPNS dengan membayar mahar harga puluhan hingga ratusan juta. Hal yang semacam ini sudah dipastikan 100% adalah penipuan, karena 99,99% perusahaan yang ada didunia tidak melakukan penarikan iuran kepada calon karyawannya yang melamar pekerjaan jadi jika menemui hal ini abaikan saja. Ditambah lagi pemerintahan presiden Jokowi mengungkapkan jika blum ada penerimaan CPNS 2017 atau bahkan tahun depan pun masih belum ada kecuali pada formasi di sub-bidang yang masuk dalam nawacita seperti tenaga pendidik dan kesehatan.

4. Waspada Jika ada Penawaran Travel yang sudah di sediakan perusahaan.

Modus keempat ini juga sangat sering ditemui sehingga anda harus hati-hati jika bertemua dengan info loker semacam ini. Faktanya, hanya 0,00000000009% atau hampir mustahil ada lowongan kerja yang memfasilitasi hal semacam ini.

Nah segitu dulu dari mimin lokerind.com sobat, semoga 4 Tips Menangkal Penipuan Info Lowongan Kerja ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki tujuan rapopo

0 Response to "4 Tips Menangkal Penipuan Info Lowongan Kerja"