Home - BERITA - LOWONGAN KERJA - TIPS KARIR - Ebook GRATIS - SITEMAP

Contoh Surat Kuasa Terbaru 2017 Yang Baik dan Benar (Dilengkapi Contoh Word Free Download)

Lokerind.com - Keterbatasan waktu karena bekerja sering kali membuat kita sulit untuk dapat mengurus hal - hal semacam perpanjangan pajak kendaraan, pengambilan ktp ataupun keperluan lainnya yang memaksa kita untuk meminta tolong orang lain entah itu teman maupun saudara. Jika demikian maka biasanya kita membutuhkan yang dinamakan surat kuasa. Namun, ternyata beberapa orang bingung bagaimana cara membuat surat kuasa yang baik dan benar. Menjawab kegelisahan ini tim lokerind.com memberikan contoh surat kuasa terbaru 2017, eittttsss tapi sebelum itu mari kita memahami tentang surat kuasa terlebih dahulu.

Secara singkat pengertian surat kuasa adalah sebuah surat atau hitam diatas putih pelimpahan wewenang dari si pemegang kuasa kepada orang lain yang dia percaya untuk melakukan sesuatu hal atau tindakan atas nama si pemberi kuasa karena tidak dapat mengerjakan hak tersebut sendiri.
Perlu diperhatikan saat membuat surat kuasa jika anda sebagai pemberi kuasa harus cermat dalam hal kata-kata karena orang yang anda beri kuasa memiliki kekuatan hak yang sama saat anda memberikan kuasa terhadap orang tersebut apalagi jika menyangkut hal - hal yang bernilai. Lebih jauh lagi anda harus benar - benar yakin bahwa orang yang anda beri kuasa adalah orang yang anda yakin bahwa dia adalah orang - orang yang benar - benar anda percaya.

Bukan menakut - nakuti, tetapi jika anda salah dalam memberi kuasa kepada seseorang anda bisa dirugikan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Kali ini kita bisa memberi tips cara membuat surat kuasa yang baik dan benar:
Perlu di catat dalam membuat sebuah surat kuasa pakailah bahasa yang lugas, singkat dan efisien serta tidak menggunakan bahasa yang berbelit - belit apalagi sampai membuat multi tafsir pada orang yang membacanya.

Mengenal Jenis-jenis Surat Kuasa, Surat kuasa berdasarkan jenisnya dibagi menjadi 3 jenis:

1. Surat Kuasa Perorangan : Surat kuasa yang peruntukannya untuk melimpahkan kuasa dari seorang untuk suatu hal pribadi dari satu orang pemberi kuasa ke orang lain sebagai penerima kuasa. Contohnya: Surat kuasa pengambilan BPKB, Surat Kuasa Pengurusan Pajak Kendaraan, surat kuasa pengambilan paspor.

2. Surat Kuasa Kedinasan : surat kuasa yang diberikan oleh petinggi atau pimpinan lembaga, instansi atau sebuah perusahan kepada bawahannya untuk melakukan suatu hal terkait kelembagaan, instansi atau perusahan tersebut.

3. Surat Kuasa Istimewa : surat kuasa ini sebenarnya sama saja halnya dengan surat kuasa yang lain akan tetapi sifatnya untuk hal yang bersifat istimewa. Contohnya: Pemberian kuasa hukum kepada seseorang pengacara dalam upaya penyelesaian suatu masalah hukum dari si pemberi kuasa.

Dalam hal Pembuatan Surat Kuasa ada beberapa hal yang harus anda cermati:

1. Surat kuasa dibuat tanpa ada paksaan sedikitpun dari pihak manapun.

2. Untuk surat kuasa perorangan tidak memerlukan nomor surat, tetapi pada surat kuasa kedinasan mencantumkan nomor surat dan jika diperlukan di lengkapi kop surat instansi, lembaga atau identitas lainnya dari perusahaan.

3. Surat kuasa berkaitan dengan pengambilan upah kerja atau honorium apabila diberikan pada penerima kuasa dengan kedekatan yang amat di akui seperti suami / istri, anak, atau adik maka pemerian kuasa bisa tanpa dilengkapi materai tetapi jika berkaitan dengan orang yang hanya teman atau orang kepercayaan maka harus di lengkapi dengan materai.

4. Di dalam surat kuasa di sertakan jati diri si pemberi maupun si penerima kuasa mulai dari nama lengkap, no. ktp, usia, pekerjaan dan juga alamat serta hal yang dianggap penting lainnya.

5. Cantumkan perihal peruntukan dari surat kuasa yang anda buat serta lengkapi dengan tanggal pembuatannya.

6. Surat kuasa dianggap sah ketika sudah di tanda tangani oleh kedua belah pihak baik pembuat maupun penerima kuasa.

7. Khusus untuk surat kedinasan dilengkapi dengan stempel instansi, lembaga atau perusahaan.

8. Yang terkahir jika surat kuasa sudah ditandangani oleh kedua belah pihak maka hal itu menjadi hal yang sah atas pengalihan kuasa dari si pemberi ke si penerima kuasa.

Berikut ini adalah contoh surat kuasa pengurusan pajak kendaraan:

Contoh Surat Kuasa Terbaru 2017 Yang Baik dan Benar
Untuk download contoh surat kuasa terbaru 2017 siap download dalam format word silahkan bisa langsung: KLIK DISINI

2 Responses to "Contoh Surat Kuasa Terbaru 2017 Yang Baik dan Benar (Dilengkapi Contoh Word Free Download)"

  1. terimakasih banyak mas, sangat bermanfaat karena saya sedang mencari contoh surat kuasa karena saya sedang bingung untuk mecari refrensi surat kuasa yang akan saya buat.

    ReplyDelete