Home - BERITA - LOWONGAN KERJA - TIPS KARIR - Ebook GRATIS - SITEMAP

3 Cara Jitu Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja

Lokerind.com - Hallo guys, kali ini kita akan membahas tentang 3 Cara Jitu Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja. Berikut in adalah tips untuk nego honor  jika anda merupakan seorang lulusan baru atau fresh graduate.

3 Cara Jitu Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja
3 Cara Jitu Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja
Kondisi umum yang biasa terjadi pada calon karyawan adalah takut jikalau meminta gaji ketinggian karena akan ditolak, tetapi apabila meminta gaji kerendahan justru akan menyusahkan diri sendiri. Tidak jarang karyawan yang secara eksklusif diterima karena menerima saja besaran gaji yg ditawarkan, kalaupun terjadi nego maka itu peluangnya pula sangat rendah.

Agar tidak mengalami keadaan seperti tersebut diatas, berikut ini tips bernegosiasi gaji saat akan 

1. Cari memahami kisaran gaji yang tepat untuk pekerjaan anda

Ada banyak cara mengetahui berapa kisaran gaji yang sesuai untuk sebuah pekerjaan yang akan anda lamar, seperti menanyakan dengan teman yg berprofesi sama dengan posisi yang anda lamar, bisa juga dengan menanyakan kepada kenalan yang bekerja pada perusahaan yang anda lamar.

Namun di zaman yang serba canggih seperti sekarang, hal itu tidaklah terlalu sulit dimana anda dapat mencari informasi itu lewat web atau situs tentang perkiraan gaji dari berbagai profesi yang banyak tersebar di dunia maya. Setelah konfiden dan anda siap untuk wawancara gaji, kemudian sampaikanlah permintaan gaji yang anda mau ketika bernegosiasi.

2. Jangan mendahului

Saat wawancara, jangan sampai anda duluan yang mulai menanyakan soal gaji, sebaiknya tunggulah pihak perusahaan atau pewawancara yg menyampaikan hal itu. Hal ini dilakukan demi menjaga etika. Saat sudah masuk pada diskusi dan bernegoisasi gaji, sebutkanlah secara khusus gaji yg diminta.

Dengan menaruh nilai gaji secara khusus dan bukan perkiraan akan mememperlihatkan bahwa anda adalah orang yang tegas mengenai keuangan dan menghargai nilai bisnis untuk diri anda sendiri. Janganlah ragu, sebutkan saja yang sesuai dengan besaran gaji hasil riset yg sudah anda cari pada saat sebelum wawancara.

3. Fleksibel

Jika pihak perusahaan tidak ada keputusan yang bulat dengan gaji yg anda minta dan menunjukkan penawaran gaji lebih rendah, cobalah bersikap fleksibel dan tanyakan saja kompensasi lain di luar gaji yang akan anda dapatkan misalnya uang transport, uang pulsa, iuran pertanggungan kesehatan atau bonus lainnya.

Apabila anda merasa cocok dengan yang ditawarkan perusahaan, terimalah tawaran tersebut. Hal yang terpenting adalah bekerja dulu dan mengasah kemampuan serta bakat yang anda miliki sebagai pengalaman kerja. Tentu saja hal ini akan bermanfaat ketika anda ingin melamar lagi pada perusahaan lain dengan posisi dan tawaran gaji yang lebih baik.

Saat melakukan negosiasi gaji, yang perlu diingat bahwa anda memperjuangkan hak yang memang seharusnya diterima, sehingga jangan pernah mengkhawatirkan status sebagai karyawan baru. Apabila konfiden dengan kompetensi dan keterampilan yang anda miliki bisa memberikan sumbangsih pada kemajuan perusahaan, maka yakinkan perusahaan untuk bersedia menaruh gaji yg anda harapkan. Yakinkan juga bahwa perusahaan tidak akan rugi karena menerima anda menjadi karyawannya. Selamat mencoba, salam sukses :)

0 Response to "3 Cara Jitu Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja"